Selasa, 02 Juli 2019

cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami


Cuka Apel atau Cuka Putih

cara mencuci rambut dengan bahan alami



Membilas rambut dengan cuka (khusus Cuka Apel atau cuka putih) mungkin terdengar seperti ide yang mengerikan, tetapi bisa sangat cara yang efektif untuk mengobati ketombe. Sederhananya, ketombe adalah hasil dari sel-sel kulit mati yang terlalu cepat dan menyebabkan iritasi. Cuka akan menyingkirkan kulit yang tidak diinginkan yang akan mengelupas menjadi ketombe, dan tidak akan menyumbat pori-pori. Jamur juga dapat menyebabkan ketombe dan cuka bertindak seperti fungisida.
Yang Anda perlukan :
– 1/2 Cangkir air hangat
– 1/2 Cangkir Cuka Apel atau cuka putih
Caranya :
Campur air hangat dan cuka dalam cangkir. Jumlah total dapat bervariasi menjadi lebih atau kurang tergantung pada berapa banyak rambut yang Anda miliki. Tuang campuran di atas rambut Anda, gosok lembut selama beberapa menit, dan kemudian bilas secara menyeluruh dengan air (hanya air!). Tunggu sekitar 8-12 jam sebelum mandi normal. Ulangi sekali setiap minggu atau dua minggu, tergantung pada seberapa sering Anda merasa Anda membutuhkannya.
Baking Soda atau Soda Kue
Baking Soda membantu untuk menghapus ketombe Anda. Pertama, membantu pegelupasan, yang akan menyingkirkan kulit mati berlebihan. Ini juga membunuh dari bertindak sebagai fungisida, dan jamur yang umumnya ada pada kulit kepala, semua orang dapat menyebabkan ketombe jika menjadi terlalu berlimpah.
Yang Anda perlukan :
– 1 sendok makan baking soda
– 1 cangkir air hangat
– Beberapa tetes minyak rosemary (opsional)
Caranya :
Campurkan satu sendok makan baking soda untuk setiap satu cangkir air hangat. Jika Anda menggunakan botol bekas shampoo atau sabun (pastikan benar-benar bersih), kocok terlebih dahulu. Jika tidak, aduk sebelum Anda menggunakannya. Lakukan ini sebagai shampoo, setiap hari jika memungkinkan. Rambut Anda mungkin terasa cukup kering di awal, namun minyak alami akan mengembalikan mereka kelembapan rambut Anda, dan akan jauh lebih seimbang daripada ketika menggunakan beberapa normal shampo. Jika Anda merasa Anda benar-benar harus menggunakan shampo maka Anda dapat menambahkan satu sendok teh baking ke dalam shampo Anda dan menggunakannya. Minyak rosemary adalah opsional, tetapi beberapa orang menemukan rosemary membantu menghilangkan ketombe dan rosemary memiliki aroma yang menyenangkan.

Biji Fenugreek



Fenugreek adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu, terutama di masakan India; namun bisa juga dijadikan obat. Biji fenugreek kaya akan protein dan asam amino, mendorong rambut atau pertumbuhan rambut yang sehat dan menahan proses pengelupasan kulit mati. Karena tinggi akan lesitin, biji Fenugreek ini juga dapat membuat rambut menjadi lebih kuat, halus dan lembut.
Yang Anda perlukan:
– 2 Sendok makan biji Fenugreek
– 1 mangkuk air
Caranya :
Rendam biji Fenugreek dalam 1-2 gelas air semalam. Keesokan paginya, haluskan biji Fenugreek menjadi halus dan oleskan di kulit kepala Anda. Biarkan selama 30-45 menit, lalu bersihkan dengan shampoo ringan atau air.

Daun Neem atau Daun Semambu



Daun Semambu juga membantu menghilangkan ketombe Anda. Daun tidak hanya mengurangi rasa gatal, tetapi sebagai antijamur juga, kelebihan ketombe bisa juga menumbuhkan jamur. Dan jamur ini menyebabkan bau yang tidak sedap.
Yang Anda perlukan :
– 2 genggam daun semambu
– 4-5 Cangkir air panas
Caranya :
Masukkan dua genggam daun semambu ke dalam mangkuk dan tambahkan 4 sampai 5 cangkir air panas. Diamkan semalam. Keesokan paginya saring cairan dan bilaslah rambut Anda dengan cairan ini. Anda juga dapat mencoba membuat adonan berbentuk pasta dari daun ini, lalu olesi di kulit kepala anda dan diamkan selama satu jam sebelum mencucinya dengan air.
Listerine
Listerine sebenarnya diciptakan pada tahun 1879 oleh seorang dokter di Missouri dan digunakan sebagai antiseptik untuk dokter gigi. Ketika Listerine dijual ke sebuah perusahaan farmasi, maka Listerine pertama kali diperkenalkan sebagai pencuci mulut. Di tahun 1930-an dan ’40-an, salah satu tujuan aslinya juga untuk melawan ketombe. Karena salah satu penyebab ketombe adalah jamur.
Yang Anda perlukan :
– air
– Listerine Mouthwash (sebaiknya tidak hijau atau biru karena mereka mungkin akan membuat noda di rambut Anda)
– Botol -Spray (opsional)
Caranya :
Campur 2 bagian air dengan 1 bagian Listerine. Setelah shampoo, semprot atau siramkan larutan tersebut ke kulit kepala Anda, pijat dengan baik, dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air.

Matahari


Ada banyak kasus di mana tingkat keparahan ketombe berkurang ketika orang yang menderita lebih banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Ada kemungkinan bahwa cuaca kering di musim dingin menyebabkan ketombe, itu benar-benar kurangnya sinar matahari. Mungkin cahaya membantu mengeringkan beberapa kelebihan minyak. Tidak ada salahnya mencoba bukan..
Caranya :
Menghabiskan setidaknya 10-15 menit di bawah sinar matahari setiap hari yang Anda bisa. Pastikan untuk membatasi waktu Anda meskipun terlalu banyak sinar matahari dan itu sinar UV dapat merusak kulit Anda, rambut, dan kesehatan.

Aspirin


Aspirin dapat membantu dengan lebih dari sekedar sakit kepala, ternyata bisa mengurangi ketombe. Aspirin menggunakan persentase besar Salicylic Acid, yang merupakan bahan aktif dalam banyak shampoo anti ketombe komersial. Asam salisilat memiliki sifat fungisida dan anti-mikroba untuk melawan serpih tambahan yang disebabkan oleh jamur, sedangkan Aspirin membantu dengan kulit yang meradang bagi yang parah ketombenya.
Yang Anda perlukan :
– 2 Tablet Aspirin putih
– Shampoo
Caranya :
Hancurkan Aspirin sampai menjadi bubuk halus. Tambahkan ke shampoo biasa sebelum digunakan, lalu shampoo seperti biasa dan diamkan selama 2 menit sebelum membilasnya.

Makan Yang SehatDan Bergizi


Makan sehat membantu kesehatan Anda. Kita belajar lebih banyak tentang diet yang benar-benar penting bagi kesehatan kita, sehingga tidak mengherankan bahwa hal itu akan memiliki dampak pada kondisi kulit, termasuk ketombe. Nah dibawah ini makanan yang membantu untuk mengurangi ketombe, antaranya :
Sayuran: Masukkan dalam diet Anda sayuran berdaun hijau seperti brokoli, kale, dan selada. Karena sayuran hijau bagus bagi kesehatan kulit. Hal ini membantu rambut menjadi sehat, kulit, dan pertumbuhan kuku.
Minyak ikan: Minyak ikan dapat membuat perbedaan dalam keseluruhan make-up dari kulit Anda. Mengambil suplemen minyak ikan tidak akan menyembuhkan ketombe Anda, tetapi dapat membantu mengurangi keparahan dan atau mencegahnya.
Mengurangi Protein: Untuk meminimalkan ketombe, cobalah makan protein lebih sedikit. Gantilah daging dengan ikan dan daging non-protein, seperti telur, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan
.

Lemon


Keasaman dalam perasan lemon mengandung asam yang dapat membantu memecah jamur yang sering menjadi penyebab ketombe. Hal ini juga bebas dari bahan kimia dan bahan-bahan alami lainnya yang sering lebih berbahaya untuk rambut dan kulit kepala kita, selain itu membuat Anda lebih bersih dan segar.
Yang Anda perlukan :
– 2 sendok makan perasan lemon
– 1 sendok teh perasan lemon
– 1 cangkir air
Caranya:
Beri 2 sendok makan perasan lemon ke kulit kepala Anda, pijat sebentar dan biarkan duduk selama satu menit. Lalu campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam 1 cangkir air dan bilas rambut Anda dengan itu. Ulangi setiap hari sampai ketombe hilang.

Tea Tree Oil


Sementara minyak berlebih bisa menjadi akar penyebab ketombe, beberapa minyak masih bisa membantu dalam mengurangi ketombe. Tea tree oil telah digunakan medicinally selama berabad-abad. Minyak yang diekstrak dari daun yang memiliki sifat fungisida dan itu secara keseluruhan menenangkan kulit terutama bila sakit atau gatal.
Yang Anda perlukan:
– 1 Sendok makan tea tree oil
– 1 Cangkir air hangat
– Botol semprot/spray
Caranya :
Campurkan 1 sendok makan tea tree oil dengan 1 cangkir air hangat, lalu masukkan ke dalam botol spray dan kocok sampai rata. Setelah keramas, semprot campuran di seluruh kulit kepala, pijat sebentar, dan biarkan selama beberapa menit.

Lidah Buaya/Aloe Vera


Lidah buaya biasanya digunakan untuk membantu luka bakar ringan, ternyata juga dapat membantu mengurangi ketombe. Fungsinya menghambat proses proliferasi sel kulit.
Yang Anda perlukan :
– 1-2 batang lidah buaya, ambil dagingnya
Caranya :
Oleskan getah lidah buaya ke kulit kepala 15 menit sebelum mencuci rambut Anda. Setelah 15 menit, cuci rambut dengan shampo dan cuci seperti biasa.

Garam


Garam adalah kristal abrasif yang akan bekerja sebagai exfoliator alami, minyak berlebih dan kulit mati pada rambut.
Yang Anda perlukan :
– 3 Sendok makan garam (salt Epsom bekerja dengan baik jika Anda kebetulan memilikinya, tapi garam meja biasa baik juga)
Caranya :
Pijat kulit kepala Anda dengan 3 sendok makan garam ke dalam kulit kepala kering atau sedikit dibasahi Anda selama 2-3 menit. Cuci dengan shampoo segera setelah itu.

Yogurt


Gunakan yogurt untuk menyingkirkan ketombe itu. Cuci dan bilas rambut Anda, kemudian gosok yogurt plain ke dalam kulit kepala, dan biarkan selama 10-15 menit.
Bilas, lalu cuci lagi, menggunakan sesedikit shampoo yang diperlukan. Bisa mengggunakan 2 sendok makan cuka sebagai bilasan akhir.

Pisang DanCuka


Gunakan pisang dan cuka. Kupas seluruh pisang. Campur dengan cuka dua cangkir.
Aduk dengan garpu sampai benar-benar rata sampai membentuk pasta.
Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan seluruh anda, dan pijat beberapa saat. Diamkan selama dua puluh menit sampai satu jam. Kemudian, bilas dan cuci bersih.
Ulangi setiap hari selama satu minggu. Kemudian, Anda dapat melakukan ini sekali seminggu sebagai pengobatan atau pencegahan.

Kuning Telur


Campur 1-2 kuning telur
Olesi di kulit kepala kering. Sebisa mungkin, olesi hanya di daerah kulit kepala.
Masukan penutup plastik di atas kulit kepala / rambut. Jangan sampai bocor karena bau telur agak amis.
Biarkan di kulit kepala Anda selama 1 jam.
Cuci bersih dengan shampo. Anda mungkin harus mencuci kepala Anda dua kali agar bau telur hilang.

Minyak Zaitun/Olive Oil


Siapkan 3-5 sendok makan minyak zaitun dan hangatkan dengan microwave selama 10 detik atau panaskan sebentar di panci, cukup hangat saja.
Lalu olesi di kulit kepala Anda yang kering, pijat beberapa saat dan diamkan selama 1 jam. Cuci dengan shampoo sampai bersih dan kalau perlu ulangi sampai dua kali.
Lakukan tiga kali dalam seminggu, sampai ketombe benar-benar hilang.
Apabila dalam dua bulan, ketombe tetap ada. Cobalah cek ke dokter kulit, untuk mengetahui penyebabnya. Supaya bisa ditangani secara cepat dan tepat.
Selamat mencoba ya.. 😉 dan share pengalaman Anda menggunakan metode ini yang cocok untuk Anda….

Share:

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels