Jumat, 23 Agustus 2019

kebutuhan nutrisi ibu hamil


Nutrisi Ibu Hamil 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 bulan. Hamil dan menjadi seorang ibu adalah sebuah pengalaman menyenangkan dan menegangkan wow! keren, yang ditunggu-tunggu seorang wanita yang sudah menikah. Saat awal kehamilan pada trimester pertama Anda dan suami tercinta akan begitu semangat dan begitu berhati-hati dengan kehamilan Anda. Pada trimester kedua saat perut Anda terlihat makin besar, perhatian suami terhadap Anda akan jauh lebih besar dengan makin sulitnya Anda bergerak. Baca: cara cepat hamil




Di saat-saat ini Anda merasakan mulai ada perubahan pada perut Anda. Pada trimester akhir yaitu pada usia kehamilan 7, 8, 9 bulan, Anda akan lebih waspada dan mulai tak sabar menunggu kehadiran si buah hati ke dunia, hal tersebut juga dibarengi tubuh Anda yang mulai merasakan hal-hal tidak nyaman, posisi susah tidur karena perut Anda yang besar dan lain hal. Simak informasi berikut yang akan menambah pengetahuan Anda mengenai kandungan pada usia kehamilan anda.

Kebutuhan Nutrisi Di setiap Trimester Pertama

Kebutuhan seperti nutrisi dan gizi memang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap ibu hamil, dan berikut ini adalah beberapa kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap ibu hamil pada usia kehamilan 1 bulan, usia kehamilan 2 bulan, usia kehamilan 3 bulan, Untuk trimester pertama sendiri tentu saja mulai dari minggu pertama pembuahan sampai dengan minggu kedua belas. Pada tahap tersebut merupakan masa perkembangan janin untuk semua kelengkapan organ penting. Dan pada bulan pertama, nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dan ibu hamil adalah kalori yang cukup besar karena perkembangan janin sendiri membutuhkan asupan kalori yang sesuai sehingga nantinya dapat terbentuk secara pesat. Namun terkadang ibu hamil mengalami kendala di masa ini seperti mual dan juga muntah sehingga kurang maksimal.

Asupan Ibu Hamil Usia Kehamilan Trisemester Kedua

Usia kehamilan 4 bulan
Tentu saja sangat perlu diperhatikan oleh ibu hamil karena pada masa tersebut merupakan masa di mana mempersiapkan persalinan dan juga masih dalam masa rawan keguguran karena kandungan yang memang belum terlalu kuat.
Usia kehamilan 5 bulan
Di masa ini ibu hamil sangat perlu untuk memperhatikan asupan makanan karena di masa ini juga kebutuhan nutrisi dan beberapa kebutuhan lain sangat perlu untuk diperhatikan secara seksama untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.
Usia kehamilan 6 bulan
Asupan yang dibutuhkan oleh bayi tentu saja berasal dari beberapa jenis makanan, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ‘ibu hamil” yang mana usia kehamilannya 4 bulan, 5 bulan sampai dengan 6 bulan.
Makanan Yang Dianjurkan
Untuk makanan yang perlu diberikan kepada ibu hamil sendiri memang bermacam – macam, lalu apa saja? Berikut ini adalah beberapa asupan makanan dan buah untuk ibu hamil yang dibutuhkan oleh ibu hamil di usia kehamilan trisemester kedua
  1. Yang pertama adalah kacang merah, bahan makanan ini kaya akan serat dan juga zat besi dan asupan tersebut sangat penting untuk perkembangan serta pembentukan sel – sel darah merah utuk calon bayi itu sendiri.
  2. Kemudian yang kedua adalah sayuran, terutama brokoli, sayuran ini mengandung banyak sekali jenis vitamin dan juga air yang mana dapat membantu untuk mempertahankan / memperkuat kandungan dan juga membangun sel – sel yang baru.
  3. Lalu yang ketiga adalah oat, oat sendiri merupakan jenis karbohidrat kompleks yang mana membuat ibu hamil merasa lebih kenyang, oat sendiri juga mengandung kaya akan serat sehingga selama hamil, Anda akan tercegah dari masalah sembelit. Dan untuk menkonsumsinya Anda bisa menambahkan kenari, kedelai atau makanan yang mengandung omega 3 tinggi.
  4. Lalu minyak zaitun, kandungan lemak yang terdapat pada minyak zaitun ini nantinya akan membantu untuk pertumbuhan hormone, selain itu minyak zaitun juga mengandung vitamin E sehingga selain menjaga janin juga akan merawat kulit selama masa kehamilan.
  5. Yang kelima adalah makanan yang mengandung omega 3 serta semua jenis vitamin, Anda bisa menkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung kedua hal tersebut untuk membuat kandungan serta janin menjadi lebih sehat.
Nutrisi Ibu Hamil Usia Kehamilan Trisemester Terakhir
Untuk makanan nutrisi sama saja dengan trisemester pertama dan trisemester kedua atau anda bisa menggabungkan keduanya pokoknya yang penting makanan dan minuman tersebut harus bersih dan sehat.
Usia Kehamilan ibu hamil 7 Bulan
Pada awal minggu pertama di bulan ke 7 ini janin di dalam perut Anda akan berbobot sekitar 1,2 kg dengan panjang 37 cm hingga pada minggu terakhir bulan ke 7 ini beratnya bisa mencapai sekitar 1,8 kg dengan panjang tubuh 42 cm. Pada bulan ke 7 ini, kepala bayi Anda akan terbentuk sempurna, bulu mata dan alisnya mulai terbentuk sempurna, begitu juga dengan bulu-bulu halus di tubuhnya. Ia sudah mulai bisa bernapas dan tubuhnya makin padat, sehingga sesekali ia akan menendang-nendang perut Anda tanda pergerakannya mulai terasa. Pada saat usia kehamilan 7 bulan ini, bayi Anda juga sudah bisa menutup dan membuka matanya, ia juga akan mulai peka terhadap keadaan sekelilingnya, jika terkena paparan cahaya dari luar, maka ia sudah bisa merasakannya.
Usia Kehamilan ibu hamil 8 Bulan
Pada akhir usia kehamilan 8 bulan bayi Anda akan berbobot sekitar 2,5 kg dengan panjang 46 cm. Karena tubuhnya yang terus berkembang, maka rahim Anda akan mulai terasa kurang luas baginya. Pada bulan ini, posisi badannya mulai berubah, kepalanya akan berada tepat di depan pintu rahim Anda. Ia juga akan mulai belajar menghisap agar dapat minum ASI dengan lancar saat lahir.
Usia Kehamilan ibu hamil 9 bulan
Bobot bayi bisa mencapai 3 kg lebih pada bulan ini. Anda tinggal menanti kehadirannya. Jangan takut apabila kelahiran melenceng dari hari yang telah diperkirakan, karena hanya sekitar 5% wanita yang benar-benar melahirkan di hari yang diperkirakan. Itu hanya perkiraan dokter untuk membantu Anda bersiap.
Pentingnya Olahraga
Untuk jenis makanannya sendiri sangat banyak, namun Anda juga sangat perlu menunjangnya dengan lebih banyak menkonsumsi air putih, senam hamil dan selain itu juga olahraga rutin untuk ibu hamil karena untuk melancarkan pada saat proses persalinan dan olahraga sendiri memang sangat penting untuk usia kehamilan sang ibu hamil

Share:

2 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels